Anda sekedar mencapai target penjualan? Apakah anda sudah memberikan pelayanan yang memuaskan?

Anda sekedar mencapai target penjualan? Apakah anda sudah memberikan pelayanan yang memuaskan?

Artikel minggu ini kami akan membahas tentang pelayanan terhadap pelanggan. Dilihat dari judulnya saja sih, sepertinya anda langsung memikirkan kembali bagaimana sikap anda saat melayani customer sebelumnya. Apakah sudah cukup memuaskan. Atau ternyata sebaliknya?

Sebagai seorang customer pastilah menginginkan barang terbaik dan hargayang terbaik pula. Dengan berbagai sikap si customer memang terkadang bisa membuat mood kita berubah sekejap. Kadang kita merasa sangat senang ataupun kita merasa sangat emosi.

Itu biasa terjadi dan bukan rahasia umum lagi untuk posisi SALES CONSULTANT (atau biasa disebut SPG/SPB).

Seorang Sales Consultant mempunyai tugas untuk melayani customer yang datangke toko. Seorang Sales Consultant di OPTIK TUNGGAL harus mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi customer, menjual produk frame, lensa, juga kontak lensa.

Pelayananyang memuaskan atau pelayanan prima akan membuat pelanggan bertahandan tidak kabur ke pesaing produk sejenis. Perusahaan wajib melayanipelanggan dengan baik agar merasa puas, setia, jadi bagian darikesuksesan perusahaan.

Ada beberapa carayang bisa dilakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan:

1. Pelatihan Pelayanan Prima

Buat pelatihan pelayanan pelanggan terutama bagi customer service supaya dapat memberikan layanan yang cepat, tepat, dan efisien. Customer service perlu memiliki product knowledge, harga, hingga aspek teknisdari produk sehingga mampu memberikan pelayanan prima.

Kemampuan komunikasi handal juga krusial dalam memahami apa yang pelanggan inginkan dan dalam berbicara dengan mereka.

2. Pusatkan perhatian pada pelanggan

Perhatikan nada bicara, jadilah percaya diri tapi tidak dengan emosi jikapelanggan datang membawa komplain. Dengarkan keinginan pelanggandengan seksama dan catat segala kebutuhan dengan kemampuan komunikasiyang prima. Dalam melayani, tempatkan pelanggan di urutan pertamalayaknya orang terdekat, seperti rekan sekerja atau pimpinan diperusahaan Anda.

3. Memberikan pelayanan yang efisien

Lakukan pada saat itu juga, jangan biarkan pelanggan menunggu karena mereka ingin permasalahannya segera diselesaikan. Pelanggan akan puas dan percaya bahwa perusahaan Anda kredibel dan bertanggung jawab tekait keluh kesah, saran, kritik mereka.

Siagakan supervisor untuk membantu costumer service jika mengalami kesulitandalam pertanyaan sulit dan teknis dari pelanggan.

4. Pendekatan Personal

Ingatlah nama setiap pelanggan meski jumlahnya banyak karena cara pendekatanpersonal seperti ini ampuh menjaring pelanggan loyal. Selain itu,berikan ucapan selamat di momen tertentu sebagai bentuk pelayanan prima dari Anda sehingga semakin setia terhadap perusahaan.

5.  Membina hubungan baik dengan pelanggan

– Tunjukkan simpati

Berbicara dengan penuh perasaan, dan berikan solusi untukmenunjukkan bahwa Anda paham keinginan pelanggan. Mintalah feedbackdari pelanggan dalam bentuk survei kepuasan layanan agar bisa berbenah jika terdapat kekurangan dalam layanan.

– Ciptakan kesan pertama yang luar biasa
Kesan tersebut dapat diciptakan dengan senyuman yang tulus, busana yang sesuai, salaman yang hangat, ketepatan waktu janji, bahasa tubuh yang sopan, jujur, dan terstruktur saat berbicara, tetap positif, tidak berpura-pura, dsb. Jika kita bisa konsisten dalam melakukan hal tersebut secara positif, maka para pelanggan akan sangat terpengaruh secara mendalam.

– Sebagai komunikator, jangan gunakan kata-kata yang rumit dan panjang

Hal ini dapat melelahkan para pendengarnya. Tapi juga bisa mengaburkan substansi pesan serta kesalahpahaman menangkap substansi pembicaraan.

– Tetap tersenyum

Senyum itu menular. Semua orang akan merasa nyaman berada di sisi orang yang tersenyum daripada yang ditekuk.

– Sedia untuk memberikan bantuan

Kesediaan kita dalam membantu para pelanggan kapan pun mereka menginginkannya itu sangatlah penting . Hubungan sales people dengan konsumen tidaklah selalu melulu berhubungan dengan materi, tapi juga sentuhan psikologis terhadap mereka.

– Gunakan kata-kata yang positif
Rangkaian kata-kata yang positif yang diberikan akan membuat pendengarnya optimis, percaya diri, semangat, inovatif, kreatif, energik, bahagia dan lain-lainnya.

– Berbicaralah dengan antusias
Para pembeli produk akan merasa nyaman dan terhormat jika kita memperlakukan mereka dengan hormat, bermartabat, dan sopan.

– Biarkan mata Anda berbicara
Pelayanan yang baik akan selalu menunjukkan tatapan yang tulus dan sopan. Mata adalah jendela hati.

– Ketulusan
Sekalipun tidak bersuara, ketulusan itu dapat terlihat dari guratan wajah dan gerak-gerik bahasa tubuh.

– Jaga emosi
Sales people biasanya mudah terpancing secara emosional ketika menerima keluhan yang diungkapkan secara tidak simpatik oleh para pelanggan mereka.

– Sikap kita
Yang paling penting bukanlah yang terlihat dari luar, tapi dari dalam.

6. Mengalihkan pelayanan ke pihak lain

Bila pelanggan meminta pelayanan di luar keahlian Anda maka alihkan pelayanan tersebut pada pihak lain yang memiliki kemampuan. Dengan pengalihan tersebut akan terlihat bahwa perusahaan atau bisnis Anda telah bekerja dengan profesional. Hubungi pihak lain mengenai permintaan pelanggan dan berikan nomor kontak kepada pelanggan agar mereka mudah berhubungan.

Mari belajar untuk memberikan pelayanan prima dan dilakukan sepenuh hati agar pelanggan puas dan setia terhadap perusahaan Anda🙂

makeallhappen

One thought on “Anda sekedar mencapai target penjualan? Apakah anda sudah memberikan pelayanan yang memuaskan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s