Ini kesalahan pelamar kerja …

Wah tanpa terasa kita sudah ada di akhir bulan Agustus. Jumlah para pelamar kerja yang terus meningkat dari tahun ke tahun, membuat persaingan memperebutkan pekerjaan semakin tinggi bukan? Apakah ada diantara anda belum mendapatkan pekerjaan?
Disini kami akan membagikan tentang hal-hal yang sering dilakukan sengaja ataupun tidak disengaha oleh para pelamar kerja.

 

 

  • Kurang memperhatikan tampilan berkas lamaran.

Banyak para pencari kerja yang kurang memperhatikan bagaimana tampilan cv dan surat lamarannya. Surat lamaran dan cv yang menarik anda, akan mempengaruhi bahkan sangat penting untuk disajikan ke Perusahaan. Lalu bagaimana membuatnya menjadi menarik? Ini tipsnya.
   1. Tampilan CV
 Susunan kalimat yang sederhana, gunakan kertas yang kualitanya baik (HVS/ A4 berwarna putih). Ketik lamaran dan pastikan hasil print yang baik. Hindari membuat cv dengan tulisan tangan, jika tulisan anda terlihat berantakan, maka anda akan membuat pihak perusahaan pusing dan enggan membacanya.
   2. Isi informasi tentang anda dengan lengkap

Cantumkan data diri anda seperti nama lengkap (sesuai KTP), tempat/tanggal lahir, alamat, no telp/Hp, alamat email. Jangan lupa lengkapi riwayat pendidikan formal/ non formal, bidang studi, atau penghargaan yang pernah anda dapatkan. Isi juga bahasa asing yang anda kuasai. Dan juga pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 atau 4 x 6 saja.
   3. Lengkapi pengalaman kerja anda
Isi dimana perusahaan sebelumnya anda bekerja. Perusahaan akan lebih mengetahui tentang riwayat pekerjaan anda, jika anda berikan juga apa saja Job desk di perusahaan sebelumnya. 

  • Jadilah diri sendiri

Banyak para pelamar kerja yang berhadapan dengan interviewer dengan sangat kaku dan susah menjawab pertanyaan yang sedang diajukan, karena berusaha menjadi orang lain. Alangkah baiknya jadilah diri sendiri, dan buat diri anda menjadi lebih baik.

  • Tampil seadanya dan terlalu fokus dengan “apa yang akan saya dapatkan disini”

Ada beberapa dari fresh graduate, yang menampilkan dirinya sangat seadanya dengan denghan berbagai alasan. Yang terpenting adalah anda tampil rapi dan sopan pada saat wawancara. Maka perusahaan akan memandang anda dengan baik.
Dan yang tidak asing lagi adalah, banyak diantara pelamar kerja yang terlalu fokus “apa yang akan saya dapatkan disini” . Seperti berapa ya gajinya disini? saya mendapatkan tunjangan apa saja? Apa fasilitas yang akan saya terima? Pertanyaan seperti itu memang tidak salah, karena memang beberapa orang yang mencari kerja untuk hal-hal tsb. Tapi janganlah hal-hal itu menjadi fokus anda. Fokuslah pada kemampuan anda. Apa saja yang bisa anda kontribusikan kepada perusahaan. Jika anda adalah yang terbaik untuk perusahaan tsb maka gaji, tunjangan dan fasilitas tsb lah yang menyesuaikan anda.

Hal-hal ini yang bisa kami bagi. Semoga bermanfaat bagi para pelamar kerja.

One thought on “Ini kesalahan pelamar kerja …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s