Saat Teman Kerja Suka “Cari Muka”? Ini jurusnya …

Hi ! Sebelumnya kami dari Team Recruitment Optik Tunggal mengucapkan lagi Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Selesai sudah masa liburan panjang ini, saatnya kembali bekerja. Didalam kantor, bukan hanya menyakut pekerjaan saja, tapi juga hubungan Anda dengan rekan kerja ataupun atasan. Mau tidak mau, setiap hari Anda pasti akan berhubungan dengan rekan kerja juga atasan.

Banyaknya rekan kerja berarti banyak pula karakter-karakter yang kita temukan. Kadang hubungan kita dengan beberapa rekan kerja sangat erat, seperti layaknya dari Sahabat. Tapi tidak jarang juga bukan, kita bertemu rekan kerja yang menjengkelkan yang selalu sibuk mencari kesalahan-kesalahan? Atau justru menjatuhkan Anda tanpa tahu penyebabnya? Atau justru suka mencari muka?
Nah dalam artikel ini akan membahas tentang jurusnya untuk menghadapi rekan kerja yang suka Cari Muka” :

1. Jangan gegabah membalas mereka.
Kasus seperti ini bisa terjadi dimanapun, termasuk di lingkungan kerja Anda. Membalasnya dengan menjatuhkan rekan kerja yang suka “Cari Muka”  bukanlah solusi yang tepat,  jangan gegabah dalam menghadapinya. Tetap tunjukan etika kerja dan etika pergaulan dengan rekan kerja ataupun dengan atasan secara positif.

2. Tahan emosi dan abaikan saja
Menanggapi seorang yang berusaha menjatuhkan tentu tidak akan ada habisnya. Jika gagal dengan langkah satu pelaku akan menggunakan cara yang lain. Menanggapi bukanlah cara yang tepat karena akan memperlebar masalah dan sebaiknya mendiamkan saja dengan anda tetap menahan emosi.

 

 

3. Tunjukan kualitias dan profesionalitas kerja anda
Dengan kasus seperti ini seringkali Anda merasakan down secara psikologis. Dampaknya kinerja Anda berkurang karena memikirkan hal-hal tersebut. Disisi lain, berusahalah kembangkan terus kapasitas dan kemampuan kita. Menunjukan progresifitas kerja. Pastikan kita selalu belajar meningkatkan kualitas dan mutu kerja.

 

4. Mengajak pelaku untuk bekerja sama

Langkah ini bisa dilakukan untuk mengambil hatinya dengan cara positif. Mengajak kerjasama bukan berarti menunjukkan kebencian kepada pelaku yang berusaha menjatuhkan anda. Berusahalah untuk mencari celah pekerjaan agar bisa bekerjasama dengan dia.

 

5. Hindari obrolah personal

Jika sedang bersama, bicarakan materi yang sifatnya umum, hindari membahas hal yang bersifat personal.

Dan pastikan jangan sampai karena si “Pencari Muka” tsb, efeknya akan berdampak pada kinerja Anda di kantor ya!
⋐(ల◕◡◕ల)⋑

 

 

Terima kasih sudah setia berkunjung dan membaca artikel-artikel kami tiap minggunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s