Ini Tips Agar Tidak Tertipu Lowongan Kerja Palsu !

Selamat pagi semua.

Saat anda akan memasukan lamaran kerja ke dalam sebuah perusahaan, pasti anda akan memberikan perhatian khusus terhadap respon yang diberikan perusahaan pada kita. Tapi anda pasti terlupakan untuk mengecek validitas profil perusahaan yang merespon lamaran kerja anda. Di zaman sekarang ini, anda pasti akan sering menemukan lowongan kerja dari sebuah perusahaan abal-abal yang dimana perusahaan tersebut memberikan sebuah gambaran karir yang cukup menggiurkan. Kenyataannya hal tersebut tidak bisa terwujud saat anda sudah memasuki perusahaan tersebut. 

Ini Tips Agar Tidak Tertipu Lowongan Kerja Palsu !

Sebagai Fresh Graduate , hendaknya kita harus jauh lebih teliti saat sedang mencari lowongan kerja. Tidak hanya dapat memberikan jaminan kesejahteraan, tapi juga bisa menjadi keselamatan kita. 

 

Agar anda tidak tertipu dengan lowongan kerja palsu, bacalah artikel berikut ini:

1. Cek Terlebih Dahulu Profil Perusahaan

Ketika anda akan mengirim lamaran serta CV Anda, ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu profil perusahaan yang anda akan lamar tersebut. Anda tidak hanya dapat mengetahui seberapa sesuai kapasitas anda untuk perusahaan, tapi anda juga dapat mendapatkan informasi jika perusahaan tersebut memanglah perusahaan yang valid.

2. Lakukan Googling Untuk Cek Riwayat Perusahaan

Anda tidak bisa mengandalkan dari profil perusahaan saja.  Anda juga harus tahu tentang informasi riwayat dan sejarah perusahaan dari luar website perusahaan tersebut. Cobalah untuk googling dengan memakai nama perusahaan di internet, umumnya anda akan menemukan informasi yang jelek, jika perusahaan tersebut mempunyai riwayat yang buruk.

 

3. Jangan Pernah Tertipu Saat Mendapat Panggilan Kerja Lewat SMS

Banyak sekali ditemukan kasus penipuan panggilan kerja lewat SMS. Jika anda memang tidak merasa pernah memasukkan lamaran kerja ke perusahaan tersebut, alangkah baiknya untuk mengabaikan SMS tersebut. Cobalah untuk mulai mencatat daftar perusahaan mana saja yang pernah anda lamar. Langkah tersebut dapat meminimalisir penipuan.

 

 

4. Memakai Insting

Saat anda dipaksa untuk melakukan sebuah wawancara kerja, cobalah untuk mengamati situasi dan suasana di dalam perusahaan. Jika terdapat sebuah situasi yang sekiranya mencurigakan, anda dapat menolak secara tegas wawancara kerja itu. Jangan pernah memberikan indentitas diri anda, jika anda belum keluar dari lingkungan perusahaan.

5. Jangan Pernah Membayar Sembarangan

Apabila terdapat beberapa perusahaan yang menuntut anda untuk melakukan pembayaran ataupun anda diminta untuk membeli sebuah produk dengan jumlah tertentu di awal anda bekerja serta umumnya hal tersebut akan anda temukan ketika tahapan wawancara kerja. Tegaskan jika anda menolak untuk melakukan pembayaran. Kenapa ? Karena perusahaan yang sedang memerlukan karyawan tidak pernah untuk menuntut pembayaran anda di muka.

Mungkin anda sering menemukan ada sebuah persyaratan untuk membayar dengan jumlah tertentu supaya anda dapat bekerja di posisi yang anda inginkan. Walaupun pada kenyataannya, memang betul jika tidak ada koneksi serta uang untuk mendapatkan sebuah pekerjaan memanglah sulit. Sekali lagi kami ingatkan kepada anda untuk mencari dan bersaing dengan cara yang sehat, hal tersebut tentunya tidak akan mempersulit anda di masa nanti.

 

Semoga artikel ini membantu anda untuk lebih teliti agar anda tidka tertipu dengan lowongan kerja palsu.

Terima kasih.

– sentraloker –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s