Bagaimana Seharusnya Penampilan Anda Saat Tes & Wawancara ?

Bagaimana Seharusnya Penampilan Anda Saat Tes & Wawancara ?

Minggu kemarin kita sudah membahas tentang ‘Bagaimana menulis surat lamaran kerja?’

 

 

Diminggu ini kita akan membahas hal yang sangat menarik yaitu tentang Bagaimana seharusnya anda berpenampilan, saat anda mengikuti satu tes dan wawancara pada Perusahaan yang anda lamar. Sebagaian orang merasa tidak perlu untuk berpenampilan yang menarik saat tes dan interview tapi …. bagi beberapa orang merasa bahwa penampilan saat datang ke Perusahaan untuk melakukan tes dan interview sangatlah penting.

 

Apakah anda tau bahwa penampilan anda saat datang ke sebuah Perusahaan saat tes dan interview dapat mempengaruhi penilaian anda. Penampilan merupakan salah satu kunci yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan wawancara kerja. Hal ini merupakan cara untuk menunjukkan kesan pertama yang baik. Semakin baik penampilan, maka Anda juga akan semakin percaya diri. 

 

Berpakaian dengan rapi dan sopan juga dapat menunjukkan profesionalisme Anda. Sehingga memungkinkan untuk membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Seperti dikutip dari Stylish and Trendy, ada beberapa tips dalam berpakaian saat wawancara kerja yang perlu diketahui.

 

1. Hindari pemakaian parfum yang terlalu menyengat. Parfum dengan aroma yang terlalu menyengat dapat membuat orang yang berada di sekeliling Anda termasuk si pewawancara merasa pusing bahkan alergi sekalipun. Jadi sebaiknya kenakan parfum secukupnya saja.

2. Hindari pemakaian sepatu yang terbuka, mewah dan mencolok. Sebaiknya memakai sepatu kerja dengan hak tidak terlalu tinggi. Pastikan pula sepatu yang digunakan sesuai dengan warna dan model pakaian yang dikenakan.

3. Saat ingin melakukan wawancara kerja, jangan sampai memakai busana yang terlalu kasual. Alangkah baiknya mengenakan busana berupa kemeja, rok dan blazer. Dengan memakai pakaian tersebut, Anda mengkomunikasikan kepada pewawancara bahwa Anda dewasa, profesional dan bisa menjadi anggota dari sebuah tim. Hindari juga pakaian yang terlalu ketat. Selain tidak nyaman, pakaian yang terlalu ketat juga tidak enak untuk dipandang.

4. Pastikan pakaian Anda serasi. Cobalah untuk memilih warna yang netral seperti hitam, putih, biru gelap atau cokelat. Sebisa mungkin hindari warna yang terlalu cerah dan mencolok seperti pink dan merah menyala.

5. Tak sedikit dari Anda tentunya suka mengenakan perhiasan berupa cincin, kalung maupun gelang. Namun untuk wawancara kerja, sebaiknya tidak memakai perhiasan yang berlebihan, cukup kenakan satu atau dua cincin dan kalung yang simpel.

6. Sebaiknya saat wawancara kerja Anda tidak berlebihan dalam menggunakan make-up. Kenakanlah lipstik dan blush on dengan warna netral. Jangan sampai riasan wajah Anda terlihat seperti ingin pergi ke pesta.

7. Pastikan tatanan rambut Anda terlihat rapi dan konservatif. Jika rambut Anda panjang, usahakan untuk dikuncir atau tersisir rapi ke bawah.

8. Kuku Anda rapi sebaiknya tidak kotor. Sebelum memasuki ruang wawancara kerja, bercermin terlebih dahulu di toilet untuk memastikan tampilan Anda sempurna.

9. Jangan sampai Anda mengenakan pakaian yang terlalu seksi dan mini. Pakailah pakaian yang layak untuk dikenakan ke kantor.

10. Usahakan untuk rileks dan tenang ketika ingin masuk ke ruang wawancara kerja. Dengan begitu dapat membantu Anda terhindar dari perasaan gugup. Jangan lupa juga untuk selalu tersenyum.

 

Dok. Thinkstock

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s